Minggu, 27 Februari 2011

TUGAS TIK



Bab 4:Akses Web

A.PENGERTIAN DARI KERJA WEB
Perkembangan dunia internet telah melahirkan suatu fasilitas layanan baru,Yaitu WEB yg merupakan layanan terpenting internet.Dewasa ini,fasilitas web mengizinkan pengakses untuk mengakses dan berintaksi dengan teks,grafik,animasi,suara dan video.WEB secara fisik adalah kumpulan computer pribadi,web browser,koneksi ke ISP,computer server,router dan switch yang mengunakan untuk mengalirkan informasi dan menjadi wahana pertama berbagai pihak terkait,WEB dibagi menjadu beberapa jenis,yaitu sebagai berikut:
1.Web Search Engine,yaitu web yang memiliki kemampuan untuk melakukan         pencarian dokumen berdasarkan kata kunci tertentu.contohnya:Google dan  Alltheweb.
2.Web Portal:yaitu web yg berisi kumpulan link,search engine,dan informasi.contohnya:Yahoo!  Dan Amerika online(AOL)
3.Web Perusahaan,web yg mendeskripsikan suatu,perusahaan,layanan,fasilitas,dan sgala sesuatu tentang perusahaan.Contohnya:SAMSUNG dan TELKOMSEl.
4.Web Pribadi,yaitu web yg memberikan profil pemilik web.

Web dikenal dengan system klien-server.Komputer  pengguna disebut computer klien,sedangkan computer yg di akses disebut server.Ketika kita ingin mengunjungi sebuah situs,Cara kerja web sbagai berikut.
1.Masukkan alamat web yang dituju pda web browser alamat web dikenal sbagai Uniform Resource Locator(URL).
2.Browser akan meminta halaman web dari web server.
3.Web Server mengirimkan data web yg diminta ke browser.
4.Browser menginterprestasikan data dan menampilannya.
B.Web Browser
Web Browser  adalah sebuah perangkat lunak yg digunakan untuk berselancar(surfing)menjelajahi dunia maya(internet).Ada banyak web browser yg terkenal ssat ini,Antara lain internet explorer,Netscape Navigator,Mozilla Firefox,dan Opera.Pada kesempatan ini ,kita hanya membahas internet explorer dan Mozilla Firefox karena masyarakat umum banyak menggunakan web browser ini.Explorer adalah web browser yg disediakan oleh Microsoft.keunggulan dari internet explorer adalah lebih mudah dioperasikan oleh penggunanya.Sementara itu,Mozilla Firefox merupakan web browser gratis yg dikembangkan oleh yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.Browser Mozilla dpat diunduh(Download)dari situs www.mozilla.comen-us/firefox/.

1.INTERNET EXPLORER
a.Menjalankan internet explorer
1)Klik ganda shortcut internet explorer pada desktop

2)Melalui menu start>All program>pilih internet explorer

3)Kemudian akan muncul tampilan dari internet explorer seperti berikut.

b.Bagian-bagian dari internet explorer
1)Title Bar
   Title Bar menampilkan judul dari web yg sedang di buka,Pada bagian kanan title Bar,Terdapat tiga tombol,Yaitu minimize,maximimize,dan close.

2)Menu bar
   Menu adalah sekumpulan perintah yang berfungsi menjalankan program.Berikut adalah tampilan dari menu Internet Explorer.

Menu yg terdapat pada internet explorer adalah file,edit,view,Faforites,Tools,dan Help.Masing-masing menu memiliki fungsi yg berlainan.
   Di sudut kanan atas menu bar,terdapat logo window atau internet explorer.Logo ini akan bergerak saat kita mengakses suatu situs yg menandakan bahwa suatu situs(site) dalam proses di-download datanya ke computer.Apa bila ikon berhenti,berarti seluruh situs sdah ter-download atau ada kerusakan data di tengah perjalanan sehingga  perlu dilakukan download ulang.

3)Standard button
   Standard button beris ikon ikonuntuk menjalankan perintah tertentu.ikon yg tercantum pada standard button Internet explorer,antara lain sebagai berikut:

Back:Untuk kembali ke halaman web sebelumnya yg pernah di kunjungi.
Forward:Untuk kembali ke halaman yg pernah dibuka setelah menggunakan fasilitas back.
Stop:Untuk menhentikan proses download dari situs tertentu.
Refresh:Untuk men-download ulang halaman web yg mengalami kerusakan data dalam pengiriman atau lambat dalam pengaksesan.
Home:Untuk kembali pengaturan(setting)awal sesuai pengaturan internet options di menu tools.
Search:Untuk membuka mesin pencari(search engine).
Faforite:Untuk menyimpan alamat situs faforit sehingga dapat mengunjunginya lain waktu.Jika akan menambah alamat ,harus dimasukkan melalui menu Faforite-Add to Faforite.
History:Untuk menampilkan daftar situs yg pernah dikunjungi.
Mail:Untuk membuka atau mengirim pesan(e-mail)
Print:Untuk melakukan proses pencetakan.
4)Address bar
   Address bar adalah Kotak yg berfungsi untuk menulikan alamat web dituju .Di sebelah kanan terdapat tombol Go Untuk menjalankan proses browsing.Tombol ini dapat digantikan dengan menekan Enter pada keyboard.
5)Status bar
   Status bar terletak dibagian bawah berfungsi untuk menunjukkan proses yg sedang berlangsung.Apabila proses download telah selesai,Akan muncul tulisan done di bagian kiri.

2.MOZILLA FIREFOX
a.Membuka program Mozilla firefox dapat dibuka melalui shortcut atau start program seperti cara membuka program internet explorer.Berikut ini contoh tampilan dari Mozilla firefox.

b.Menu pada Mozilla firefox
   Menu pull-down Pada mozillan firefox dapat dilihat pada gambar berikut.

1)Menu File
New window:Untuk membuka lembar baru mozilla firefox.
Open location:Untuk membuka data dari lokasi yg telah ditentukan.
Open file:Untuk membuka data yg telah tersimpan dlm bentu file.
Close:Untuk menutup tampilan jendela aktif.
Save Page As:Untuk menyimpan data yg terdapat pada jendela aktif.
Page Setup:Untuk melakukan format data tampilan mozilla.
Print:Untuk mencetak data yg diperoleh dari hasil download.
Exit:Untuk keluar dari jendela aktif.

2)Menu Edit
Cut:Untuk memotong data yg di inginkan.
Copy:Untuk menyalin/menduplikasi data.
Paste:Untuk menggandakan data yg telah disalin(copy)atau dipotong(cut).
Select All:Untuk melakukan blok data secar keseluruhan.
3)Menu View:
Toolsbar:Untuk menampilkan berbagai tampilan toolbar.
Status bar:UntukUntuk menampilkan status dari jendela aktif.
Side bar:Untuk menampilkan jendela tambahan di samping jendela utama,misalnya history.
Stop:Untuk menghentikan proses yg sdang berjalan.
Text Size:Untuk memperbesar dan memperkecil text.
Fullscreen:Menampilkan secara keseluruhan jendela aktif.
4)Menu History:
Back:Menuju jendela awal.
Forward:Menuju jendela berikutnya.
Home:Menuju home page awal.
Show All History:Menampilkan alamat-alamat situs yg pernah dikunjungi.
5)Menu Bookmarks
   Menu Bookmarks adalah menu yg digunakan untuk melakukan pengaturan/manajemen situs yg pernah dibuka dan pengaturan data untuk ditata pada folder.
6)Menu Tools
   Menu Tools adalah menu yg digunakan untuk menambahkan peralatan,melakukan pengaturan terhadap browser,dan membuka data e-mail.
7)Menu Help
   Fasilitas menu help digunakan untuk bantuan jika pengguna menemui kesulitan yg berkaitan dgn penggunaan Mozilla Firefox.

BAB 5:Layanan di internet
A.Berbagai layanan yang ada di internet
1.World Wide Web
World Wide Web(WWW atau lebih singkat lebih dari web)adalah media informasi global di mana pengguna dpat membaca dan menulis melalui computer yang terhubung ke internet.web merupakan titik awal pengguna ketika ingin menjelajahi dunia internet.Istilah web sering sisalahartikan sebagai sinonim di internet,padahal web adalah suatu layanan yg terdapat di intrnet,layaknya e-mail.
    World Wide Web diperkenalkan tahun 1992 oleh tim burners lee.sejak ssat itu,web terus berubah dan berkembang dengan cepat.Web dikembangkan dengan mengaitkan informasi global melalui hypertext dan memiliki kemampuan mengaitkan dengan situs FTP serta jenis server lainnya.Orang mengguanakan web utk berkomunikasi,mengakses informasi,bisnis,dan untuk tujuan rekreasi(memperoleh hiburan).
    Dengan perkembangan program browser yg makin canggih,hypertext dituliskan dalam jenis HTML(Hypertext Markup Language).seirng dengan perkembangan itu,memungkinkan web untuk menggunakan fasilitas lain seperti e-mail dan newsgroup yg diakses melalui www.oleh karena itu ,web sangat diminati dibandingkan program layanan lain.
  Pengguna World Wide Web sangat mudah.program browser yg paling  popular digunakan,antara lain Microsoft Internet Explorer,Navigator,Opera, dan Mozilla firefox.
2.Mesin Pencari(Search engine)
Kebutuhan informasi seakan menjadi urat nadi bagi masyarakat.jika seseorang tidak pernah mendapatkan informasi maka ia akan ketinggalan zaman.salah satu informasi yg paling besar adalah internet.Melalui internet,kita dapat mengetahui berbagai macam informasi.Lebih lanjut,kini media massa pun telah memanfaatkan teknologi internet sebagai sarana membagikan informasi.
   Sebagai gudang informasi global,informasi yang ada di internet sangat banyak dan beragam.Jika tidak ada yg membantu,tentu kita akan kesulitan menemukan informasi yg cocok.Ibarat mencari rumah teman di daerah yg belum kita kenal kita memerlukan seseorang utk membantu menemukannya.Bagaimana mencari informasi yg dibutuhkan internet?
   Dengan terinpirasi hal demikian,pengembang webmembuat sebuah web yg berisi berbagai macam informasi,misalnya alamat situs,dokumen,dan lain sebagainya.Web demikian dikenal dengan nama mesin pencari(Search Engine).Mesin pencari adalah sebuah program yg mencari dokumen dengan kata kunci tertentu dan memberikan hasil berupa sekumpulan dokumen(Alamat situs,teks,gambar,dan video)dimana kata kunci ditemukan.jumlah mesin pencari kini sangat banyak.Beberapa mesin pencari yg terkenal,antara lain Google(www.google.co.id),Yahoo!(www.yahoo.com),Altavista(www.altafista.com),dan MSN(www.msn.com).

   Beberapa keuntungan menggunakan mesin pencari adalah:
a.mempermudah pengguna dalam mencari produk yg ada disitus perusahaan.
b.membantu mencari artikel,gambar,dan jurnal penelitian.
c. mencari alamat website suatu software atau web untuk di Download.

3.Surat Elektronik(Elektronik mail)
   Surat elektronik atau lebih terkenal dengan sebutan e-mail(Elektronik mail)menjadi sarana komunikasi paling popular dikalangan pengguna internet:E-mail adalah layanan yg tidak lebih dari sebuah pesan teks yg diketikkan lewat keyboard.Setelah selesai diketik,pesan dikirim ke pemakai lain.Semua halnya dengan surat pos biasa ,e-mail membutuhkan alamat yg jelas agar sampai di tempat sampai ditempat sampai tujuan .Namun,e-mail memiliki beberapa kelebihan berikut di banding surat pos biasa.
1)Pengiriman yg cepat.Hanya dalam beberapa menit(bahkan detik),e-mail dapat langsung sampai ditempat penerima.
2)Biaya murah.pengirim hanya perlu mengeluarkan biaya utk koneksi internet (ongkos rental internet).Untuk jasa pengiriman e-mail ,baik jarak jauh atau dekat,isi panjang atau pendek,ukuran besar atau kecil,apa pun isinya(teks,gambar,audio,dan atau video)tidak dikenakan biaya tambahan.
3)Mendukung isi multimedia.isi multimedia dapat membuat tampilan e-mail  jauh lebih menarik dari pada e-mail teks biasa.Misalnya,e-mail dapat diberi hiasan gambar dan jenis serta warna huruf yg berbeda-beda.
4)Kenyamanan karena tidak terbatas ruang dan waktu.surat pos biasa  memiliki jam-jam tertentu kapan surat-surat yg telah terkumpul dikantor pos akan dikirimkan oleh petugas pos ke alamat tujuan .Namun, e-mail tidak mengenal jam buka atau jam tutup.Bahkan,di hari libur pun layanan e-mail tidak pernah tutup.
5)Relatif lebih aman.Untuk membuka e-mail dalam kotak pos(mailbox),penerima harus memasukkan kata sandi(password)terlebih dahulu.Hal itu akan mengurangi risiko orang yg tidak berkepentingan membuka e-mail.
   Banyak situs internet yg menyediakan layanan e-mail gratis,antara lain Yahoo! Mail,Gmail,Hotmail dan eudormail.

4.Chatting
   Chatting adalah pembicaraan dalam suatu kelompok tertentu dengan seseorang yg telah tercatat dalam server IRC(internet Relay chat).
IRC adalah suatu bentuk komunikasi langsung melalui internet.IRC didesain untuk komunikai grup pada forum diskusi yg dikenal dengan channel,tetapi mengizinkan pula untuk melakukan komonikasi secara individu. Chatting dibagi menjadi dua macam,yaitu berupa teks adalah mIRC,Yahoo!messenger,ICQ.pengguna hanya mengetikkan teks pada program yg tersedia dan mengirimkannya pada lawan bicara.Adapun Chatting berupa suara disebut VoIP(Voice over internet protocol).ara kerja VoIP adalah mengubah sura yang berupa sinyal audio analog menjadi data digital sehingga dapat dikrimkan melalui jaringan internet,keuntungan VoIP adalah biaya yg dikeluarkan untuk melakukan panggilan jarak jauh menjadi murah.Beberapa Software gratis yg dapat digunakan unyuk melakukan VoIP adalah skype,Yahoo!messenger with voice, dan Google Talk.
5.Miling List(Milis)
   Miling List(Milis)adalah grup diskusi di internet dimana setiap orang bisa berlanganan dan berpartisipasi di dalamnya.Kita dapat membaca mail orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya.Secara sederhana ,milis adalah sebuah daftar alamat-alamat e-mail yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.
   Jika seseorang mengirimkan surat ke alamt milis maka surat tersebut dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar.Setiap anggota dapat me-reply suratnya,mengirim surat baru ,atau hanya sekedar membaca tanpa ikut berdiskusi.
   Setiap kali kita atau orang lain me-reply sebuah surat,surat tersebut akan didistribusikan ke setiap mailbox masing-masing orang yg terdapat di dalam daftar.Semua proses ini diatur oleh sebuah program yg dinamakan Mailing List Manager(MLM’s) atau mail servers.
   Berdasarkan topik diskusi,milis ada bermacam-macam.Ada milis umum,milis yg membahas bidang ilmu tertentu (misalnya IT),milis yg membahas agama,dan lain sebagainya.penyedia layanan milis yg dikenal luas,antara lain yahoogroup.com dan googlegroup.com.

6.Perdagangan elektronik(e-commerce)
   Perdagangan elektronik(e-commerce) adalah kegiatan transaksi perdagangan secara  online melalui media internet.Perdagangan elektronik dapat melibatkan transfer dana elektronik,pertukaran data elektronik,sistem manajemen inventori otomatis,dan system pengumpulan data otomatis.
   Industri teknologi informasi melihat kegiatan perdagangan elektronik ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis(e-business)yg berkaitan dengan transaksi komersial,seperti transfer dana seperti  elektronik,SCM(supply chain management),pemasaran online(online marketing),pembrosesan transaksi online(online transaction processing),dan petukaran data elektronik (electronic data interchange/EDI)
   Perdagangan elektronik merupakan bagian dari e-business lebih luas,tidak sekedar peniagaan,tetapi mencakup juga  pengolaburasian mitra bisnis,pelayanan nasabah,lowongan pekerjaan,dan lain-lain .selain teknolgi jaringan world wide web,perdagangan elektronik juga memerlukan teknologi basis data(database),e-mail,dan bentuk teknologi nonkomputer lain,seperti system pengiriman barang dan alat pembayaran untuk perdagangan elektronik ini.
   Keuntungan yg diperoleh konsumen melalui transaksi perdagangan elektronik,antara lain dapat memperoleh informasi tentang produk-produk yg di tawarkan dengan lebih cepat,dapat menghemat waktu dalam memilih produk yg di inginkan,dan sesuai dengan di inginkan ,dan sesuai dengan kemampuan karena biasanya produk yg ditawarkan disertai pula secara lengkap merek dan harganya.
   Di samping itu,perdagangan elektronik juga masih menimbukan beberapa masalah,antara lain sebagai berikut:
a.Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi   pelanggan.
b.Hukum yg kurang berkembang dalam bidang perdagangan elektronik  ini.
c.Perusahaan internet(the internet merchant)tidak memiliki alamat secara fisik disuatu Negara tertentu .Hal ini akan menyulitkan konsumen untuk mengembalikan produk yg tidak sesuai dengan pesanan.
d.Konsumen sulit memperoleh jaminan untuk mendapatkan sevis local atau perbaikan.
e.Produk yg dibeli konsumen kemungkinan tidak sesuai dengan persyaratan local.
   Perusahaan yg terkenal dalam bidang perdagangan eBay,Yahoo!,Amazon,Google dan paypal.

Bab 6:Mencari Informasi melalui internet
A.Mengambil informasi di internet
   Informasi di internet sangat beragam.Informasi-informasi itu ada yg bisa di-download(di ambil) gratis dan pula yg perlu membayar.Carilah informasi-informasi yg bisa diambil secara gratis.Jika kamu belum tahu alamat situs dari informasi yg kamu butuhkan maka gunakanlah mesin pencari.Masih ingatkah kamu cara menggunakan mesin pencari di internet.
B.Situs informasi di internet
 Ada banyak situs internet dan masing-masing situs umumnya memiliki  www.kompas.com menyediakan berbagai informasi dalam situsnya,baik hiburan berita,olahraga,teknologi,bisnis,maupun kesehatan.Namun,ada situs yg hanya menyajikan informasi tertentu,misalnya berita,sepak bola,keagamaan,pendidikan,hiburan,pemerintah,dan perdagangan.
1.Situs Pendidikan
   Situs pendidikan menyajikan informasi seputar dunia pendidikan,misalnya pelajaran,buku-buku,beasiswa,percobaan,permainan(game) yg berkaitan dgn dunia pendidikan.Ada banyak situs pendidikan,baik di indonesia maupun luar negeri.Bahkan,sekarang sekolah-sekolah sudah membangun situs internet sendiri.Contoh situs pendidikan adalah www.sltp.net,www.e-smartshcool.com,www.highschoollace.com dan www.smpn5-mlg.sch.id.


2.Situs ilmu pengetahuan dan teknologi
   Situs ilmu pengetahuan dan teknologinmenyajian informasi seputar iptek.Ada banyak situs iptek,antara lain www.beritaiptek.com,media.isnet.org,www.infokomputer.com dan www.beritanet.com.

3.Situs Berita
   Situs Berita menyajikan berita-berita aktual yg terjadi di dalam maupun luar negeri.Situs berita biasanya dimiliki oleh perusahaan media massa,baik cetak maupun elektronik,Contoh situs berita adalah www.kompas.com,www.antara.co.id,www.liputan6.com dan www.republika.com.




4.Situs Olahraga
   Situs Olahraga menyajikan informasi sepuar berita olahraga.Situs ini biasanya memberitakan suatu cabang olahraga tertentu sesuai minatnya,misalnya sepak bola atau balap mobil formula 1.Meskipun demikian,tak sedikit situs yg menyajikan informasi olahraga secara umum .Bahkan,biasanya situs-situs berita berita juga memiliki rubrik tentang olahraga.ontoh situs olahraga adalah www.bolanews.com,www.bulutangkis.com,www.formula1.com dan www.sport.okezone.com.
4.Situs Keagamaan
   Situs Keagamaan menyajikan informasi atau berita yg berkaitan dengan keagamaan tertentu.Misalnya,islam maupun kristen.Beberapa situs keagamaan,Antara lain www.mui.or.id,www.eramuslim.com,www.kebunhikmah.com dan www.kristen.online.com.
6.Situs pemerintahan
   Situs Pemerintah merupakan situs resmi yg dimiliki pemerintah,baik pusat,provinsi,kabupaten.kota atau departemen-departemen milik pemerintah.Informasi tentang kebijakan dan layanan publik dapat dilihat di situs ini.Selain itu,informasi tentang kekayaan alam dan potensi daerah juga dapat diperoleh melalui situs masing-masing pemerintah daerah.Contoh situs pemerintah daerah adalah www.indonesia.go.id,www.balikpapan.go.id,www.jakarta.go.id dan www.sragen.go.id.
BAB 7:Program Presentasi Dan Multimedia
A.Program Presentasi Microsoft PowerPoint
   Salah satu program presentasi yg cukup mudah dioperasikan adalah Microsoft powerpoint.Microsoft PowerPoint merupakan program aplikasi keluarga Microsoft Office Kegunaan dari program Microsoft powerpoint ini antara lain:
=Pembuatan lembar presentasi
=Mengatur layout presentasi
=Menggabungkan dokumen presentasi
=pembuatan pelajaran berupa pertunjunkan
    Microsoft Powerpoint adalah aplikasi untuk keperluan presentasi,khususnya untuk presentasi bisnis dan perkantoran.Namun,Powerpoint juga dapat digunakan untuk membuat sebuah film animasi sederhana.

1.Mengoperasikan Micrisoft Powerpoint
   Ada banyak langkah dalam memulai mengoperasikan Microsoft Powerpoint,tetapo pada dasarnya sama.Sebagai contoh dalam hal ini kita menggunakan windows XP Professinal Office 2003.Untuk menjalankan program ini ,Kamu dapat melakukanya dengan dua cara sebagai berikut.
a.Klik ganda shortcut Microsoft Powerpoint pada desktop(jika sudah tersedia).
b.Dari start program,Klik start>All program>Microsoft office> Microsoft office Powerpoint 2003.
Tampilan awal Microsoft Powerpoint sbagai berikut.

   Bagian-bagian dari jendela Microsoft Powerpoint,antara lain sebagai berikut.
1.Title bar:Menampilkan nama presentasi.
2.Menu bar: Berisi kumpulan menu yg mewakili perintah dalam presentasi.
3.Toolbars:Berisi perintah-perintah dalam program powerpoint.
4.Area outline:Bagian yg menunjukkan kerangka slide yg berisi judul dan materi slide yg dibuat.
5.Area slide:Bagian yg digunakan untuk membuat presentasi.
6.Task panes:Berfungsi sebagai jendela/pembuka instruksi dalam powerpoint.
7.Status bar:Bagian yg berfungsi menunjukkan posisi kursor pada  suatu slide dan menunjukkan jumlah keseluruhan slide.
8.Ikin tampilan:Berisi ikon-ikon untuk mengubah tampilan slide(Normal view,slide sorter view,dan slide show).
9.Area catatan:Berfungsi untuk memberi catatan pada slide yg dibuat.Dengan memberi catatan pada slide akan mempermudah dan membantu kamu dalam penyajian materi dalam presentasi tersebut.
10.Drawing toolbars:Berisi instruksi untuk melakukan pengambaran sederhana dalam program powerpoint.

2.Menu pada microsoft powerpoint
   Menu adalah sekumpulan perintah yg digunakan untuk menjalankan program aplikasi.Menu dalam microsoft Powerpoint,antara lain,file,edit,view,insert,Slide show,window,dan Help.
a.Menu file
New:untuk membuka slide baru.
Open:Untuk membuka file yg telah tersimpan.
Close:Untuk menutup slide yg baru.
Save:Untuk menyimpan slide yg dibuat.
Save As:Untuk menyimpan slide dengan nama yg berbeda.
Page Setup:Untuk mengatur halaman slide.
Print:Untuk mencetak slide kedalam kertas.
Exit:Untuk menutup program powerpoint.
b.Menu Edit
Undo Typing:Untuk mengembalikan teks/objek yang terhapus.
Repreat Tyiping:Untuk mengulang tulisan teks yg sebelumnya di hapus(dengan perintah Undo.
Cut:Untuk menghapus dan memindah teks/objek.
Copy:Untuk menyalin teks/objek.
Paste:Untuk menenpatkan teks/objek yg telah dicopy/cut.
Paste Special: Untuk menenpatkan teks/objek yg telah disalin sesuai format yg dikehendaki.

Find:Untuk mencari atau menemukan suatu teks/objek pada presentasi.
Delete slide:Untuk menghapus slide.
Clear:Untuk menghapus objek/teks dalam slide.
Select All(ctrl+A):Untuk melakukan blocking pada objek/teks.
Duplicate(ctrl+I):Untuk melakukan duplikasi area slide.
c.Menu view
Normal:Untuk menampilkan slide normal.
Slide sorter:Untuk menampilkan seluruh slide yg dibuat secara urut.
Slide show:Untuk menampilkan slide.
Toolbars:Untuk menampilkan pilihan Toolbars yg dibutuhkan.
Task pane:Untuk menampilkan jendela Task pane.
Ruler:Untuk menampilkan garis baru pada slide.
Header and Footer:Untuk membuat header dan footer pada slide.
Zoom:Untuk mengatur tampilan lebar slide.
d.Menu insert
New slide:Untuk menambah slide baru.
Duplicate Slide:Untuk menggandakan slide.
Symbols:Untuk menisipkan symbol dalam slide.
Comment:Untuk member komentar slide.
Picture:Untuk menyisipkan gambar dalam slide.
Text Box:Untuk Menyisipkan text box dalam slide.
Chart:Untuk menyisipkan grafik dalam slide.
Table:Untuk menyisipkan table dalam slide.
e.Menu Format
Font:Untuk mengatur huruf
Bullets and Numbering:Untuk member penomoran dengan bullets(tanda)atau nomor.
Alignment:Untuk mengatur perataan teks(rata kiri,tengah,kanan).
Line spacing:Untuk mengatur jarak baris teks.
Replace font:Untuk mengganti huruf dengan jenis yg berbeda.
Slide design:Untuk menentukan pola tampilan(desain)slide.
Slide layout:Untuk mengatur layout slide.
Background:Untuk memilih background slide.
f.Menu tools
Spelling:Untuk mengecej ejaan bahasa yg digunakan.
AutoCorrect:Untuk membenarkan secara otomatis kata yg ditulis.
Customize:Untuk mengatur toolbars atau ikon yg akan diaktifkan.
Options:Untuk mengatur berbagai menu pilihan yg digunakan.
g.Menu slide show
View Show:Untuk menampilkan slide.
Set up show:Untuk mengatur tampilan slide.
Custom Animation:Untuk memilih jenis animasi tiap bagian slide.
Animation Schemes: Untuk menampilkan pola animasi slide.
Slide Transation:Untuk mengatur medel perpindahan slide.
h.Menu window
New window:Untuk menampilkan jendela baru.
Arrangle All:Untuk menampilkan seluruh jendela slide.
Next Pane:Untuk menempatkan kursor pada jendela tesk pane.
i.Menu Help
   Instruksi dalam menu Help digunakan sebagai petunjuk teknis pemakaian program dan memberikan informasi tentang permasalahan yg berhubungan dengan program dan memberikan informasi tentang  permasalahan yg berhubungan dengan program aplikasi yg sedang digunakan.

B.Program Multimedia

   Kita mengenal banyak sekali program multimedia.Program multimedia digunakan untuk menjalankan program audio visual.Sebagai contoh program ini,antara lain window media player dan winamp.Program winamp telah kamu pelajari pada buku jilid 1 kelas VII.Sekarang,kamu akan mempelajari program window media player.
   Window media player(WMP)merupakan media player digital yg dikembangkan oleh Microsoft.Window media player digunakan untuk memutar audio,video,dan menampilkan gambar pada komputer pribadi yg menggunakan system operasi Microsoft window.WMP dapat melakukan operasi playback terhadap berkas multimedia  digital beformat Window media format(WMA,WMV, atau ASF),MPEG audio layer 3(MP3),dan beberapa format multimedia digital lainnya.Logo dari Window media player mempunyai bentuk lingkaran dan ditengah terdapat symbol segitiga.
   Langkah langkah menggunakan program multimedia windows media player adalah sebagai berikut:
1.klik Start,pilih All program,Lalu klik Windows media player.

2.Selanjutnya akan tampil progam Windows media player.

3.Untuk memutar film,salah satu cara yg dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
a.Klik menu file
b.Pilih open sehingga muncul kotak dialog open.

c.tentukan file yg akan di buka.jika sudah ditentukan,klik file tersebut,kemudian klik open.
4.Untuk keluar dari program WMP,klik menu file,pilih exit atau tekan tombol close di pojok kanan atas jendela WMP.

0 komentar:

Posting Komentar

Comment On